Lobster air tawar adalah salah satu bahan makanan hewani yang diminati oleh konsumen. Maka, tak heran jika setiap tahunnya permintaan lobster air tawar di pasaran selalu mengalami peningkatan.

Kondisi ini pun menandakan bahwa budidaya lobster air tawar menjadi prospek usaha yang menarik.
Dalam budidaya terutama pembesaran lobster air tawar, makanan lobster air tawar menjadi hal yang perlu diperhatikan. Mari pahami berbagai jenis pakan lobster air tawar di bawah ini sebelum memutuskan untuk memulai bisnisnya.

1. Morfologi Lobster Air Tawar

Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan salah satu genus dari udang air tawar (Crustacea).
Tubuh lobster ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu kepala dada dan badan. Hewan air ini tidak memiliki tulang dalam, tapi memiliki cangkang yang membungkus seluruh tubuhnya.
Lobster air tawar memiliki kaki gerak pada thoraksnya yang terdiri dari mata, antena, antenula, mulut, dan lima pasang kaki jalan.

2. Jenis-Jenis Pakan Lobster Air Tawar

Perlu diketahui bahwa lobster air tawar adaah pemakan segala atau omnivora. Sehingga, tak sulit dalam menemukan pakan lobster air tawar.
Secara garis besar, jenis pakannya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu pakan buatan dan pakan alami. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan tentag kelebihan dan kekurangan pakan buatan dan alami berikut ini:




3. Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan Pakan Buatan/Pabrikan Lobster Air Tawar

Pakan buatan adalah pakan yang dibuat oleh pabrik atau biasa juga disebut dengan pellet. Sebakai pakan lobster air tawar, ada dua pellet yang bisa diberikan, yaitu pellet udang dan pellet lobster air tawar.
Berikut adalah keuntungan dan kelebihan pellet bagi lobster yang harus diketahui.

o   Pellet Udang

Kelebihan:

Pellet udang termasuk pakan lobster air tawar agar cepat besar. Bahan pakan ini mengandung protein yang baik bagi pertumbuhan lobster.  
Kekurangan:

Pemberian pellet udang untuk lobster air tawar tak boleh sembarangan. Umur lobster air tawar harus diketahui agar dapat memberikan pellet yang sesuai.

Misalnya saja untuk benih lobster yang baru menetas, sebaiknya diberi pellet DO yang lembut, setelah umur 2 minggu pellet diganti dengan yang berukuran lebih besar hingga lobster air tawar mencapai usia dewasa.

 

o   Pellet Lobster Air Tawar

Kelebihan:

Sama seperti pellet udang, pellet lobster air tawar juga menjadi makanan lobster air tawar agar cepat besar. Pellet lobster air tawar juga memiliki kandungan protein dan juga kalsium yang tinggi.

Kekurangan:

Sebaiknya pellet tidak diberikan pada benih lobster air tawar yang berukuran di bawah 1 cm, karena kandungan kalsiumnya akan meyulitkan lobster air tawar dalam melepaskan diri dari kulitnya pada saat molting.
Selain itu, takaran pakannya juga harus dikontrol agar tidak megotori kolam dan meningkatkan kadar amoniak dalam air kolam.

4. Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan Makanan Alami Lobster Air Tawar
Pemberian pellet juga harus diimbangi dengan pemberian pakan alami. Ada berbagai jenis pakan alami untuk pembesaran lobster air tawar.
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan beberapa jenis pakan alami yang patut diketahui:

a. Tanaman Air
o   Enceng Gondok

Kelebihan:

Enceng gondok adalah salah satu tanaman air yang menjadi pakan ideal lobster air tawar. Selain mengandung mineral, kelebihan lain dari enceng gondok adalah kemudahannya untuk didapatkan.
Pemberian enceng gondok perlu diperhatikan. Yaitu dengan cara dipotong secara halus dan memanjang agar mudah dimakan.

Kekurangan:

Saat musim kemarau, banyak sungai alami yang mengalami kekeringan, sehingga keberadaan enceng gondok liar juga berkurang. Jadi, bagi yang menyukai enceng gondok sebagai pakan lobster air tawar, sebaiknya juga turut membudidayakan enceng gondok di kolam sendiri.


o   Selada Air

Kelebihan:

Sama seperti enceng gondok, selada air adalah bahan makanan yang mengandung mineral. Mudah didapatkan, selada air bisa menjadi selingan enceng gondok sebagai pakan lobster air tawar jika keberadaan enceng gondok berkurang.

 

Kekurangan:

Kekurangan dari selada air adalah beratnya yang ringan, sehingga sulit tenggelam. Untuk mengakalinya, selada dapat dilayukan terlebih dahulu dengan cara direbus air panas sebentar.

Setelah layu, baru berikan selada air ke kolam lobster air tawar Anda.


o   Hydrilla verticillata

Kelebihan:

Hydrilla verticillata atau hydrilla adalah tanaman air selanjutnya yang baik dijadikan bahan pakan lobster air tawar karena mengandung mineral dan vitamin yang mendukung pertumbuhan lobster air tawar.

Kekurangan:

Bahan yang satu ini sulit dikenali di alam, sehingga banyak yang memilih enceg gondok dibandingkan hydrilla sebagai pakan lobster air tawar.


o   Ludwigia Inclinata Green

Kelebihan:

Sama seperti tanaman air lainnya, Ludwigia Inclinata Green juga memiliki kandungan mineral dan vitamin. Tanaman ini bisa ditemukan di sungai beraliran lambat.

Kekurangan:

Tanaman ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, karena Ludwigia Inclinata Green banyak dicari sebagai tanaman aquascape. Sehingga, banyak yang memilih tanaman air lain sebagai pakan lobster air tawar.

b. Daging (Protein Hewani)

o   Plankton

Kelebihan:

Plankton adalah biota air alami, sehingga pemberian plankton akan membuat lobster air tawar mendapat pakan layaknya berada di alam liar. Kandungan protein hewani dari plankton juga sangat baik bagi pertumbuhan lobster air tawar.

Kekurangan:

Plankton hidup dijual dengan harga yang cukup tiggi, sehingga memang diperlukan budget lebih ketika memilih bahan pakan lobster air tawar ini.

o   Usus Ayam

Kelebihan:

Usus ayam adalah makanan lobster air tawar yang bertujuan agar lobster cepat besar. Mengandung protein dan lemak hewani yang tinggi serta mudah didapatkan, maka tak heran jika bahan ini banyak dipilih untuk pembesaran lobster air tawar.
Selain itu, usus ayam juga seringkali menjadi limbah dalam industri pemotongan unggas. Sehingga dapat berperan pula dalam pengurangan limbah.

Kekurangan:

Kekurangan bahan ini adalah memerlukan waktu dan tenaga untuk membersihkannya dari kotoran ayam. Karena, jika tidak dibersihkan, air kolam akan mudah kotor dan bahkan tercemar penyakit yang mungkin ada dalam kotoran.

 

o   Keong Mas

Kelebihan:

Keong mas mudah didapatkan di daerah persawahan atau sungai yang mengalir. Mengandung protein dan lemak hewani tinggi, keong mas menjadi pakan lobster air tawar spesialis pembesaran yang cukup ideal.

Kekurangan:

Di musim kemarau, keong mas tergolong sulit di dapatkan karena banyak sungai dan sawah yang mengalami kekeringan. Selain itu, Anda juga membutuhkan tenaga lebih dalam mencari keong mas liar di sawah.

o   Kutu Air

Kelebihan:

Kutu air adalah jenis pakan selanjutnya yang mengandung protein hewani. Memiliki ukuran yang kecil, maka pakan ini mudah untuk dimakan lobster air tawar.
Pakan kutu air ini juga cocok diberikan sebagai pakan lobster hias. Selain itu, kutu air juga dapat diberikan kepada lobster dalam berbagai ukuran.

Kekurangan:

Kekurangan dari bahan ini adalah ketersediaannya yang tidak selalu ada di semua wilayah. Sehingga, jika ingin melakukan budidaya lobster air tawar dan menggunakan bahan ini sebagai bahan pakan, perlu untuk bermitra dengan pelaku budidaya kutu air.

o   Cacing Darah

Kelebihan:

Selanjutnya ada cacing darah yang kerap dijadikan sebagai pakan ikan. Cacing darah juga menjadi pakan ideal bagi lobster air tawar karena kandungan protein hewani yang tinggi.

Kekurangan:

Karena cacing ini banyak diminati sebagai pakan ikan, maka para pelaku budidaya lobster air tawar perlu memiliki mitra sebagai penyedia cacing darah agar tidak kekurangan stok.

o   Cacing Sutera

Kelebihan:

Tak hanya mengandung protein seperti pakan hewani lainnya, cacing sutra juga mejadi pakan lobster air tawar lainnya karena dapat diberikan dalam kondisi hidup sehingga tidak akan mengotori kolam.

Kekurangan:

Pemilihan cacing sutera sebagai pakan lobster sebaiknya juga diselingi dengan pemberian pakan lain, seperti sayuran atau pellet. Hal ini untuk menyeimbangkan nutrisi lobster air tawar.

o   Udang Kecil

Kelebihan:

Lobster air tawar adalah hewan air yang kanibal, sehingga pemberian udang kecil juga bisa dijadikan alternatif pakan. Udang kecil juga memiliki kandungan protein hewani yang baik bagi pertumbuhan lobster air tawar.

Kekurangan:

Kekurangan dari bahan pakan ini adalah harganya yang cukup tinggi. Sehingga, pemberian udang kecil sebaiknya tidak terlalu sering dan dapat diselingi dengan bahan pakan hewani lain, seperti cacing atau kutu air.

Nah, itulah jenis-jenis pakan buatan maupun pakan alami yang bisa Anda pilih jika ingin sukses budidaya lobster air tawar. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu, atau bahkan mengkombinasikannya? Apapun yang dipilih, jangan lupa untuk mempertimbangan kandungan nutrisinya yaa... agar pertumbuhan dan perkembangan lobster air tawar Anda bisa produktif.