Ikan zebra adalah ikan yang memiliki cora tubuh belang seperti hewan zebra. Warna belang ini biasanya diselingi oleh warna silver metalik dengan warna dominan ikan zebra. Ikan zebra memiliki nama lain brachidanio rerio, ikan ini populer di myanmar, india , srilangka. Ikan zebra memiliki beberapa warna mulai dari pink, hijau, kuning, putih. Zebra terdapat 2 jenis dari ikan zebra dengan sayap / sirip pendek, dan sayap / sirip panjang.


Ikan zebra biasanya hidup diperairan mengalir yang deras. Hal ini yang menyebabkan ikan ini berenang sangat cepat. Bentuk yang seperti torpedo menjadi keunggulan ikan ini dalam bergerak didalam air.Ikan zebra bergerak sangat lincah dan aktif, pergerakannya terkesan gesit dalam berenang kesana kemari. Ikan zebra termasuk ikan yang mudah dalam penanganan dan rakus.

Ikan zebra termasuk mudah dalam berkembang biak di dalam akuarium, setelah berumur 3 bulan dengan ukuran 3 cm, ikan sudah matang seksual. Perbedaan jantan dan betina, ikan jantan memiliki tubuh langsing, sedangkan betina lebih besar dan berwarna keputihan pada perutnya.

Ikan zebra pada alam liar biasanya bertelur di tepian sungai. Sehingga saat pemijahan buatan sebaiknya menggunakan air yang tidak terlalu banyak dan bertelur di rerumputan / tanaman air berupa ganggang air. Dengan perbandingan indukan jantan betina 2:1.

Ikan zebra dapat tumbuh sampai 4 cm, dengan kondisi suhu air kurang dari 32 derajat celcius. Dikarenakan ikan ini hidup di air deras pemberian arus air pada akuarium akan membuat ikan ini senang, ikan zebra bahkan bisa masuk kedalam saluran filter dengan cara melompati air sungguh aktraktif, bisa dibilang ikan salmon kecil.