Cara memilihan ikan untuk aquascape

Memilih ikan untuk aquascape merupakan hal yang perlu dipertimbangkan, syarat khusus ikan aquascape adalah
1. Tidak merusak tatanan aquascape
2. Tidak memakan tanaman
3. Tidak membuat lubang pada pasir
4. Tidak merusak tanaman
5. Berukuran kecil tetapi ukuran besar bisa asal tidak aktif bergerak
6. Dapat dicampur dengan jenis ikan lain

Jenis-jenis ikan aquascape yang alam ikan rekomendasikan.
1. Macam-macam ikan tetra, seperti neon, cardinal neon, palmeri, red nose, zebra, pinguin, amandae, dan masih banyak lagi. ikan jenis ini sangat cocok untuk daerah tengah, karena sering berkumpul di tengah perairan.
2. Macam-macam udang aquascape, Red cherry, red rili, yellow, blue pearl, black choco, red bee, dan masih banyak udang lainnya. Jenis udang merupakan jenis yang wajib dimiliki, dimana fungsi udang untuk membersihkan dasar subtrat dari sisa-sisa makanan, alga dan lumut. Disamping memiliki fungsi yang menakjubkan udang juga cantik dengan warna-warna berbeda-beda.
3. Untuk dasar dan bebatuan, masih belum bersih dari lumut dan alga. Keong aquascape adalah pilihan utama. ada banyak jenis mulai dari keong turbo, keong tanduk, keong assasin, keong bawang, keong batik dan sebagainya.
Pilihan keong juga tidak kalah penting, ukuran keong yang terlalu besar bisa juga merusak.
Contoh
Sebuah aquascape iwagumi (karpet) berumur 1 minggu, dimasukkan keong turbo ukuran 3 cm, esoknya rusak dikarenakan tanaman pada lepas.

Jadi pilihlah keong sesuai dengan kondisi tanaman yang anda punya. semakin banyak tanaman berdaun besar, (keong ukuran besar pun aman)
Semakin banyak tanaman berdaun kecil lebih baik pilihlah keong ukuran kecil.

Pengecualian pada kondisi aquascape berumur 2 bulan, dimana akar tanaman sudah mengikat. jenis apapun dapat dimasukkan.

4. Untuk jenis ikan yang agak sedikit besar, bisa mulai dari ikan bermulut kecil, seperti ikan platy, ikan sepat, ikan discus, ikan cupang, ikan guppy dsb.

5. Ikan kecil juga ada beberapa jenis yang dapat merusak tatanan akuarium, sebaiknya hati-hati dalam memilih, jenis ikan berbentuk seperti karper, ikan mas,bawal atau ikan bermulut cukup besar dapat merusak tanaman aquascape anda. Beberapa ikan kadang memakan tanaman. Apalagi berbentuk ikan lele ampun dah suram.

6. Dalam memilih ikan pembersih pun tidak kalah penting, ikan jenis sapu2 merupakan ikan pembersih tapi ukuran besar jangan dicoba nanti rusak. Mau ikan sapu-sapu pilihlah, jenis sapu-sapu mini seperti red lizard, karena memang jenis ikan mini sangat rekomendasi.
Mulut kecil, dan pasti tidak merusak tanaman.

7. adalagi Jenis ikan aneh, seperti ular aquascape kuhli loach, dan ikan dasar perairan african butterfly.

Wah lengkap kan, dasar perairan kasih african butterfly, tengah perairan kasih tetra, dikaca kasih keong, didasar kasih udang.
Ikan-ikan sudah siap buat bersih-bersih aquascape anda. Masih kurang lengkap, cek produk di alamikan yang lainnya.

Yuk dibaca cara memilih tanaman aquascape co2 dan non co2.