Fungsi Alat Navigasi dan Komunikasi Kapal
Berikut beberapa jenis alat navigasi kapal beserta fungsinya.
A. Navigasi kapal Marine RADAR
RADAR merupakan singkatan dari radio detection and ranging (ini bahasa menurut bahasa daerah saya). Radar merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengukur jarak, mendeteksi, dan membuat map benda-benda seperti pesawat dan hujan.

Radar
Alat navigasi kapal ARPA dirancang khusus memberikan presentasi dari situasi navigasi kapal pada saat itu dan dapat memprediksi navigasi atau arah kapal beberapa saat kemudian dengan menggunakan teknologi komputer. Berikut ini adalah fungsi alat navigasi ARPA :

  1. Kemampuan berasal dari input seperti giro dan log kecepatan kapal
  2. Kemampuan untuk menampilkan informasi tabrakan penilaian langsung pada PPI, dengan menggunakan vektor (benar atau relatif) atau Prediksi grafis Luas Bahaya (PAD) layar. 
  3. Kemampuan untuk melakukan manuver kapal, termasuk perubahan. Tentu saja, perubahan kecepatan, dan  gabungan / perubahan kecepatan. Otomatis stabilisasi tanah untuk keperluan navigasi. 
  4. Kemampuan ARPA proses informasi radar jauh lebih cepat dari radar konvensional tetapi masih berada pada keterbatasan yang sama.
  5. Kemampuan data ARPA seakurat data yang memungkinkan menentukan arah navigasi kapal dengan persentasi RADAR KAPAL
  6. Kemampuan Otomatis akuisisi target akuisisi ditambah manual. Digital membaca target diakuisisi yang menyediakan course kapal speed atau kecepatan kapal, bearing, range, closest point of approach (CPA, and time to CPA (TCPA).


B. Satelit Kapal

Satelit alat navigasi kapal merupakan satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik kapal di permukaan bumi atau di lautan.

C. Alat navigasi kapal PETA 
Alat navigasi kapal yang ketiga adalah peta, yang merupakan perlengkapan utama dalam pelayaran kapal bentuk dua dimensi (pada bidang datar) keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi yang diproyeksikan dengan perbandingan/skala tertentu atau dengan kata lain representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Kartografi adalah ilmu yang mempelajari pembuatan peta.

D. Navigasi Kapal IRS
Alat navigasi kapal modern yang kelima adala IRS(Inertial Reference Sytem). IRS kapal merupakan perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat kapal berdasarkan efek inertial. Tidak seperti GPS kapal, perangkat IRS kapal tidak memerlukan stasiun sehingga sangat cocok untuk digunakan di bumi maupun di ruang angkasa.

E. Navigasi Kapal TELEGRAF 
Alat komunikasi kapal telegraf merupakan sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh . Telegraf menggunakan Kode Morse dengan frekwensi gelombang radio. Kode morse adalah metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kata, huruf, kalimat, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui cahaya, peluit, bendera, dan ketukan morse.

F. Navigasi Kapal KOMPAS
Alat navigasi kapal yang ke empat adalah kompas. Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah kapal berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat.


G. Navigasi Kapal Marine VHF radio
Marine VHF radio merupakan alat komunikasi kapal yang dipasang untuk memenuhi tujuan komunikasi kapal yaitu memanggil tim penyelamat dan berkomunikasi dengan pelabuhan, kunci, bridges and marines.  Marine vhf radio beroperasi di rentang frekuensi VHF, antara 156-174 MHz. Walaupun secara luas alat komunikasi kapal marine vhf radio digunakan untuk menghindari tabrakan, satu set marine vhf radio adalah gabungan pemancar dan penerima dan hanya beroperasi pada standar frekuensi internasional yang dikenal sebagai salurannya.





Semoga Bermanfaat