Ikan gurame menjadi salah satu ikan air tawar yang memiliki banyak penikmat. Ikan ini mempunyai daging yang lembut, kesat, gurih dan tentu saja memiliki rasa yang lezat. 

Banyak restaurant yang menggunakan ikan gurame menjadi salah satu menu utamanya.
Permintaan pasar yang banyak dan jumlah ikan gurame yang masih belum bisa memenuhi kebutuhan pasar, menjadi peluang untuk Anda memulai usaha ikan gurame. Sebelum itu, 
Anda perlu mengetahui jenis ikan gurame apa yang paling diminati oleh Pasar.

Berikut adalah beberapa jenis ikan gurame yang perlu Anda ketahui dan banyak diminati oleh pasar.
1.    Jenis Ikan Gurame Yang Paling Banyak Dicari
Sebelum memulai usaha, Anda harus memahami trlebih dahulu apa saja jenis ikan gurame yang paling banyak dicari dipasaran. Berikut ini adalah jenis ikan gurame yang diminati pasar, dan bisa Anda coba untuk dibudidayakan:

a.    Gurame Soang/Gurame angsa
Ikan gurame soang atau biasa disebut gurame jenis angsa. Disebut demikian karena ikan jenis ini memiliki kepala yang sedikit menonjol seperti angsa.
Bentuk tubuh gurame angsa sedikit memanjang, pipih ke bagian samping. Memiliki dahi yang cukup menonjol, seperti angsa.

Perbedaan gurame soang tidak akan terlihat saat masih kecil namun akan jelas ketika ikan sudah dewasa. Jenis ikan ini banyak ditemui di daerah Jawa Barat dengan ukuran yang berbeda-beda.
Gurame angsa memiliki angka produktifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan gurame jenis lainnya. Pada umur satu tahun, gurame ini dapat mencapai berat 700 gr/ ekor. Telur yang dapat dihasikan mencapai 5.000-7.000 butir tiap indukannya.
Salah satu keunggulan gurame soang adalah pertumbuhan bobotnya yang cukup cepat. Gurame jenis ini terkenal rakus dan memiliki pergerakan yang lincah saat diberi pakan. Untuk mencapai bobot panen 500 gram hanya butuh waktu sekitar 9 bulan. 

b.    Gurame Jepang/Jepun
Ikan gurame jepang berasal dari wilayah daerah Jawa Tengah. Ukuran tubuh gurame jepang ini lebih kecil dibandingkan ikan gurame angsa.

Panjang tubuh ikan gurame jepang ini hanya berkisar antara 45 cm dengan beratnya yang mencapai 4 kg. Ketika masih kecil, warna ikan ini kebiruan. Sedangkan ketika ikan sudah dewasa, warnanya akan berubah menjadi agak gelap atau menjadi hitam.
Produktivitas ikan gurame jepang ini juga cukup tinggi. Dalam satu kali masa bertelur, bisa berkisar antara 2000-3000 butir per periode bertelurnya.

c.    Gurame Bastar
Gurame bastar termasuk gurame yang paling cepat untuk berkembang dengan baik, serta mudah untuk dikembang-biakkan. Gurame bastar terkenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Jenis gurame bastar ini cocok untuk Anda yang mencari gurame pembesaran dengan produktivitas tinggi dan dapat berkembang biak dengan cepat. Meski begitu, Anda juga harus mempertimbangkan kembali jika ingin usaha pembibitan.
Untuk usaha pembibitan, Anda harus memahami bahwa telur yang dihasilkan tidak sebanyak Gurame Angsa. Sebab, gurame bastar hanya bisa menghasilkan 2.000 hingga 3.000 butir telur saja yang dalam sekali pemijahan.
Warna tubuh gurame ini kehitaman dengan kepala yang putih polos. Bentuk dahinya tidak nonong, namun ukuran sisiknya besar. Ikan ini memiliki tubuh yang besar, dengan berat yang bisa mencapai 3 kg, dalam waktu yang berkisar kurang lebih antara 1 tahun.

d.    Gurame Porselen
Pertumbuhan gurame porselen termasuk cukup cepat. Rata-rata gurame porselen bisa mencapai berat 1.5 kg-2kg/ekor.
Selain pertumbuhannya yang cepat, gurame porselen juga mampu bertelur dalam jumlah besar. Hanya salam sekali pemijahan gurame porselen mampu menghasilkan 8000 - 10.000 butir telur/ekor.

Jumlah telur ini termasuk lebih banyak dibandingkan dengan gurame jenis lainnya. Sehingga sangat potensial untuk usaha pembibitan ikan gurame.
Ciri Gurame Porselen memiliki warna merah muda dan keperakan, sedangkan bagian tubuh bawah berwarna putih, memiliki ukuran kepala relatif kecil dibandingkan ukuran tubuhnya. Ikan ini memiliki harga jual yang lebih tinggi dari jenis gurame lainnya.

e.    Gurame Kapas
Gurame kapas ini memiliki warna putih keperakan dan hampir mirip dengan warna kapas. Sisik gurami kapas Ukurannya lebih lebar dibanding jenis gurame lainnya atau sedikit lebih keras.

Pertumbuhan gurame kapas juga terbilang cukup cepat, namun diantara semua jenis gurame jenis lain, gurame kapas lah yang memiliki bobot paling ringan. Sebab, gurame kapas memiliki berat maksimal hanya 1.5 kg.
Selain cukup ringan, gurame kapas juga tidak menghasilkan telur dalam jumlah besar. Produktivitas gurame kapas sekali memijah adalah sekitar 3000 butir telur/ekor.

f.     Gurame Blue Safir
Jangan tertipu dengan warnanya, gurame blue safir tidaklah berwarna biru. Sebab, jenis gurame blue safir memiliki warna merah muda dan cerah, hampir sama dengan ikan gurame pada umumnya.

Produktivitas gurame blue safir juga tidak terlalu tinggi. Gurame blue safir hanya memiliki panjang 35 cm dengan berat maksimal 2 kg. Sedangkan dalam Sekali pemijahan, gurame blue safir mampu mencapai 4000-5000 butir telur/ekornya.
g.    Gurame Paris
Ikan gurame paris memiliki ciri-ciri warna dasar merah cerah serta bintik-bintik hitam 
pada sekujur tubuhnya. Ciri lainnya adalah memiliki variasi warna putih pada bagian 
kepala.
Gurame paris dapat menghasilkan 5.000-6.000 butir telur oleh seekor indukan dalam 
sekali pemijahan. Sedangkan berat tubuh gurame paris dapat mencapai berat maksimal 
1,5 kg.

Dari beberapa jenis ikan gurame yang dijelaskan di atas, jenis ikan gurame terbesar yang ada di Indonesia adalah Gurame Soang. Ikan gurame soang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis ikan gurame lainnya.
Pertumbuhan gurame soang juga yang paling cepat dibandingkan dengan jenis ikan gurame lainnya. Dalam waktu 6 bulan dari telur, gurame soang sudah mencapai bobot 500 gram dan sudah dapat dikonsumsi, karena permintaan konsumen biasanya ikan gurame berbobot sekitar 500 gram.
2.    Ciri-Ciri Ikan Gurame Yang Diminati Pasar
Selain mengetahui jenis ikan gurame yang diminati pasar, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri ikan gurame yang diminati oleh pasar. Berikut beberapa ciri-ciri ikan gurame yang baik :
a.             Memperhatikan mata ikan, mata ikan harus bersih dan tidak menonjol.
b.            Daging ikan gurame tidak keras, tidak lembek dan tidak mudah sobek.
c.            Sisik ikan masih cerah dan terang. Sisik juga masih menempel kuat dan tidak mudah lepas.
d.            Bagian insang ikan masih berwarna merah segar dan tidak pucat.
Itulah empat ciri ikan gurame yang diminati pasar.

3.     Ciri Bibit Ikan Gurame Yang Baik
Memilih bibit gurame yang baik juga menjadi kunci untuk mendapatkan hasil panen ikan gurame yang baik dan sesuai dengan harapan. Salah satunya memiliki kekebalan yang bagus dengan menggunakkan probiotik ikan gurame dan menghasilkan bibit ikan gurame yang sehat
Ciri-ciri bibit yang sehat adalah yang tampak gerakan renangnya lincah, sisik yang mengkilap bebas penyakit dan ukuran relatif seragam.

Anda juga perlu memilih bibit yang seragam. Pemilihan ukuran benih yang tidak seragam dapat menyebabkan terjadinya persaingan pakan dan ruang gerak ikan gurame dalam satu kolam. Benih ikan yang lebih besar ukurannya, akan tumbuh lebih cepat dibandingkan ikan yang berukuran kecil

4.    Klasifikasi Ikan Gurame Berdasarkan kebutuhan Pasar

Dalam menentukan pasar mana yang akan ditargetkan untuk hasil jualan Anda, maka Anda perlu memperhatikan kualitas panen ikan gurame itu sendiri. Anda dapat melakukan kerja sama dengan pengepul, namun perlu diperhatikan karena terkadang pengepul akan menawarkan harga yang leih rendah dibandingkan dengan harga di pasaran.
Anda juga dapat memasarkan ikan gurame hasil panen secara ecer di pasar yang biasanya diminati untuk konsumsi pribadi setiap keluarga.

Jika hasil panen ikan gurame memenuhi kualitas yang baik, maka Anda dapat mencoba melakukan kerja sama dengan supermarket. Biasanya supermarket akan memiliki banyak aturan untuk dapat masuk ke dalamnya.

Oleh sebab itulah, sebagai pembudidaya Anda harus memperhatikan kualitas dari ikan tersebut.

Demikian, beberapa informasi mengenai jenis ikan gurame yang paling diminati oleh pasar. Dengan memperhatikan jenis ikan gurame yang akan dibudidayakan, Anda dapat menentukan pasar mana yang akan Anda pilih dalam memasarkan ikan gurame hasil panen Anda.