sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » Ikan Koi - Perawatan Koi Pemeliharaan dan Desain Kolam

Ikan koi memiliki warna tubuh yang khas corak, warna, perpaduannya membuat ikan ini terlihat sangat indah untuk dipandang. Keunggulan ikan ini warna yang terang dan ukuran yang besar membuatnya lebih puas di pandang dari pada jenis ikan hias ukuran kecil. Ikan koi juga harganya bersaing dengan ikan arwana, bagi pecinta warna unik dan bercorak ikan koi menjadi dambaan bagi pecinta ikan hias atau penghobi

Perawatan ikan koi menjadi ilmu yang perlu dipelajari agar ikan terlihat sehat dan tetap menghasilkan warna cerah dan menarik

Beberapa cara agar ikan koi terlihat indah kita perlu mengetahui perawatannya seperti :

Aturan perawatan hal yang perlu dilakukan saat pertama kali memelihara ikan koi, terutama bagi pemula. Setelah ikan sudah dapat beradaptasi perawatan dapat menyesuaikan keadaaan dan menjadi lebih mudah. 

A. Cara memilih ikan koi saat pertama membeli
1. Kualitas koi 
  • Pilihlah ikan koi dengan keadaan sehat dengan kualitas terbaik lebih baik memelihara beberapa jenis, barangkali nanti mau dipijahkan kualitas anakan juga lebih baik. 
  • Ikan aktif dan tidak lesu, Sirip tegak berdiri, ikan koi suka berenang berkelompok. 
  • Warna ikan koi haruslah seimbang. Bagian mulut dan bagian ekor memiliki peranan warna terpenting.Contoh, Warna putih seperti salju, ikan kohaku terlihat merah cemerlang dan tampak cerah. Pertemuan antara merah dan putih harus berbatas tajam. 
  • Kualitas tinggi dilihat dari perpaduan warna putih, merah, hitam. Tergantung jenis warna ikan koi secara keseluruhan.
  • Bentuk badan ikan koi sempurna sehingga terlihat indah saat berenang. 
  • Perbandingan ideal 1:2, 3-3. pilih bulat memanjang tidak terlalu gemuk. Jika dilihat dari atas tampak lurus tidak melengkung. Sirip dada dan sirip perut sama besar. Sirip punggung dan sirip ekor terlihat proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh.


B. Menjaga kolam

1. Membuat filter 4 lapis. 
Kelancaran dan kebersihan air menjadi peranan penting bagi kesehatan ikan.

  • Filter 4 lapis terdiri dari kerikil, pasir, ijuk berfungsi menyaring sampah. 
  • Filter kedua berupa karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan racun, bau tak sedap dan membunuh bibit penyakit
  • Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematiakan bakteri pengurai dalam proses penjernihan kolam
  • Filter keempat berupa tanaman dan bebatuan yang mengikat kotoran


Kedalaman kolam sebaiknya diatas 50 cm. dengan luas kolam disesuai jumlah populasi ikan koi

C. Pemberian pakan

Warna ikan koi dipengaruhi oleh makanan, agar terlihat cemerlang sehingga memiliki warna dan tubuh ideal. Gizi seimbang dapat dilakukan dengan makanan alami dan pakan buatan

Jenis pakan yang digunakan untuk memacu pertumbuhan ikan koi agar tubuh ideal adalah wheat germ. Pakan terbuat dari bahan yang mengandung protein tinggi seperti, gandum, tepung udang, tepung ikan, dan bungkil kacang kedelai.

Kandungan protein sekitar 32%. Selain itu wheat germ juga mengandung vitamin A,D,E,K,B2,B6,B12, niasin, vitamin C dan unsur-unsur mineral lain seperti kalsium, choline chloride, panthetonate, trace mineral, dan antioksidan.

Sementara, pakan untuk mencemerlangkan / mempertajam warna koi adalah pakan mengandung zat karoten. Zat tersebut dapat merangsang munculnya warna pada ikan koi. Secara alami di dalam tubuh ikan koi terdapat zat karoten berupa antaxanthin menghasilkan warna merah, dan lutein menciptakan warna kuning kehijauan.

Pakan ikan koi yang mengandung zat karoten diantaranya; wortel, alga atau ganggang Spirullina, dan Chlorella, semangka, sawi, kubis dan cabai hijau. Sedangkan pakan dari hewan bisa diberikan kepiting, udang-udangan, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, dan cacing darah

Ikan koi baru yang akan dicampur di kolam sebaiknya di karantida, atau ditanyakan keadaan ikan koi dari penjual. Sebaiknya membeli ikan yang berkualitas agar tidak membawa penyakit dan sebagainya. 

D. Adaptasi di akuarium

Ikan koi memiliki ukuran yang besar. Sebaiknya ukuran akuarium 1,5 x 1 meter atau lebih agar ikan tidak stres. Dengan tinggi 50 cm. Untuk perawatan dan filter dapat disesuai dengan cacatan tulisan diatas. 

E. Desain Kolam Ikan Koi UNIK











«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply