Spiky moss adalah tanaman moss yang tumbuh menyamping dan ke atas yang populer dari asia dengan ketinggian sampai 10 cm. Tanaman ini tumbuh vertikal horisontal berwarna hijau gelap dan bercabang-cabang. Pertumbuhan spiky moss paling cepat dibandingkan dengan jenis moss lain. Spiky moss dapat dijadikan daun pada pohon.
Spiky moss cukup digemari lantaran tumbuh rapi dan serasi, jika ditanam membulat pada batu akan membentuk semak yang rimbun. Tanaman ini mudah di tanam dan tidak membutuhkan co2 tamabahan. Spiky moss biasa hidup pada suhu dibawah 30 derajat.

Penanaman spiky moss biasanya dilakukan pada kayu, batu dan media lempeng pakis. Cara penempelan biasanya menggunakan benang jahit, dapat juga menggunakan penutup jaring. saat memasangkannya.

Warna dominan spiky moss adalah hijau gelap, tetapi lebih terang dibanding jenis moss lain. Penyebab warna terang adalah tumbuhnya daun baru yang cepat. Daun/batang spiky moss yang baru cenderung berwarna hijau terang. Kebutuhan cahaya low - medium atau semua jenis tingkatan cahaya dapat digunakan. Sebaiknya diimbangi dengan suhu air yang optimal agar tumbuh sehat. Tanaman ini cenderung tumbuh cepat apabila sinar cahaya lebih tinggi. Kelebihan utama moss spiky adalah pertumbuhan yang cepat dan dapat tumbuh cukup rapi.

Pemangkasan Spiky moss dapat dilakukan jika mulai terlihat sangat panjang dan kurang rapi, sisa-sisa pemotongan spiky moss dapat dikembangbiakan menjadi kelompok-kelompok spiky moss baru.