Ikan teri  adalah ikan yang hidup dilaut, ikan denga ukuran kecil. Ikan teri biasannya ditangkap dengan sifat ikan yang tertarik terhadap cahaya. Penggunaan cahaya untuk menangkap ikan teri sangat efektif, makanya ikan ini sering ditangkap pada malam hari.

Ikan teri biasanya di tangkap menggunakan jaring angkat, lift net, bagan apung,bagan tancap, bagan rakit, bagan perahu dsb. Ikan teri termasuk jenis spesies stolephorus spp. termasuk jenis ikan yang ada dipermukaan air, atau ikan pelagik.

Hasil tangkapan ikan teri akan didistribusikan ke tpi terdekat dan akan dijual ke agen pasar, atau lainnya. Ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi terutama proteinnya. Manfaat yang terkandung dalam ikan teri tidak bisa dianggap remeh disamping memiliki protein yang tinggi, ikan ini memiliki kandungan vitamin, kalsium, dan mineral. Ikan ini juga dapat menjadi solusi penganti susu.


Gizi Per 100 GSegarKering tawarkering asintepung teri
Energi (kkal)77331193277
Protein (g1668,74260
Lemak (g)14,21,52,3
Karbohidrat (g)0001,8
Kalsium (mg)500238120001209
Fosfor (mg)50015003001225
Besi (mg)123,42,53
Vitamin A (SI)1502000297
Vitamin B1(mg)0.050,10,010,1
Sumber: Direktorat Gizi Depkes (1992), Mahmud et al (1990).

Ikan teri menjadi salah satu makanan yang mudah didapatkan disamping harganya yang tidak mahal, ikan ini dapat dijadikan sebagai makanan seperti ikan asin, pepes, botok, sambal ikan teri, digoreng dan sebagainya.

Menurut taufik hasil penelitian ikan teri dibandingkan susu dalam 100 gram. kandungan ikan teri 330 mg lebih tinggi dari susu yang hanya 106 mg.

Manfaat Makan Ikan teri bagi kesehatan
1. Memenuhi kebutuhan kalsium tulang
 Kandungan kalsium dalam ikan teri dapat mengantikan kandungan susu. Kandungan kalsium ikan teri dapat membantu kesehatan tulang, peradangan tulang. Terpenuhi kebutuhan kalsium dengan ikan teri dapat menjaga kesehatan tulang

2. Sumber vitamin dan mineral

Dalam 2 ons ikan teri dapat memenuhi kebutuhan orang dewasa dimana daging ikan teri mangandung sekitar 56% zat niacin, 17% vitamin B12 dan 13% riboflavian.

zat vitamin diatas dapat membantu sistesis DNA, saraf, pembentukan sel darah merah, memproduksi energi, pencernaan, penglihatan dan kesehatan kulit.

Sumber mineral yang ada pada ikan teri pun dapat cukup tinggi. untuk orang dewasa ikan teri dapat memenuhi kebutuhan tubuh sampai 26% zat besi, 16% fosfor dan 10% kalsium dan seng. mineral tersebut dapat menjaga dan membantu kesehatan tulang, sarah, kesehatan otot, produksi energi, kekebalan tubuh, regulasi glukosa, oksigenasi pada darah dan membantu pembekuan darah.

3. Kandungan protein

Dalam 100 gram ikan teri mengandung 10,3 gram protein. dimana kandungan protein ikan teri ini penting untuk membantu pembentukan massa oto, menambah kekuatan dan daya tahan tubuh

4. Vitamin A

Kandungan vitamin A pad ikan teri segar lebih rendah dari sayur dan buah, walapun cukup rendah nilai vitamin menjadi pelengkap dalam memakan ikan teri dimana vitamin A, dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, menjadi antioksidan, daya tahan , imunitas tubuh untuk kesehatan tubuh.

5. Kandungan giizi bagus untuk ibu hamil dan bayi

Kandungan kalsium dan fosfor dapat membantu kehamilan dan bayi. Kandungan tersebuut akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi. disamping ini dapat mencegah terjadinya anemia.

6. Kandungan lemak rendah

Jenis ikan seperti ikan teri hanya mengandung lemak 1-1,4 gram per 100 ikan. Ini tergolong sangat rendah, jadi baik untuk anda yang sedang melakukan program diet.

Manfaat ikan teri sangat baik bagi kesehatan, ikan teri pun mudah untuk dikonsunsumsi. Ikan teri yang bentuknya kecil memiliki banyak keunggulan sudah mudah didapat di pasar, harganya lebih murah, mudah diolah, dan menjadi bahan campuran pelengkap makanan seperti menjadi campuran sambal.