sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » Jenis Ikan Hias KOI Internasional Populer

Ikan Koi adalah ada;ah jenis ikan yang memiliki warna hiasan yang indah, ikan koi cukup populer di kalangan pecinta ikan sebagai pembawa keberuntungan. Jenis ikan koi hampir mirip dengan ikan mas (cyprinus carpio). Ikan koi biasa dipelihara di halaman dengan sebuah kolam. Hiasan ikan koi menunjukan keindahan dan keberuntungan jika dipelihara di halaman rumah. 

Ikan yang banyak dipelihara di kolam taman, gerakannya pelan dan luwes, ikan koi sering dipertandingkan dalam aspek estetikanya, cara penilaiannya biasanya berdasarkan warna dan proporsi tubuhnya, ikan koi sendiri terdiri dari bermacam macam  varian sesuai warna sisiknya. Kualitas air ikan koi berkisar pH 6 sampai 8 dengan suhu 25-31 derajat celcius. Pemijahan ikan koi biasanya dengan perbandingan jantan dan betina 3:1. Jenis pakan untuk ukuran 2 cm menggunakan kuning telur dan cacing sutera. setelah umur sampai ukuran 3 cm dibeli makanan tambahan belet. Penyortiran ikan ini dilakukan sekali tiap bulan. Ikan koi yang jadi biasanya hanya berkisar 10% dari total anakan.

Warna ikan koi dapat meenjadi tajam apabila ikan ini di masukkan dalam kolam dengan pencahayaan matahari. Cahaya matahari akan menimbulkan warna yang tajam. Suhu air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan ikan koi stres sehingga membuat warna menjadi pudar. Cahaya yang baik adalah pada saat pagi hari. Makanan ikan koi juga perlu dijaga dengan pelet yang mengandung protein tinggi diatas 32% yang mengandung vitamin, A, C, D, E, K , B2, B6, B12 dengan beberapa unsur mineral niasin, kalsium, choline, pathetonate, trace dan antioksidan. Sedangkan untuk membuat warna semakin tajam gunakan pakan yang mengandung zat karoten. Zat tersebut berupa antacanthin yang mengahasilkan warna merah dan lutein yang menciptakan warna kuning kehijauan.  Jenis makanan yang mengandung zat karoten seperti spirulina, alga, wortel dan chlorella, semangka, sawi, kubis dan cabai hijau. Untuk hewan seperti kepiting, udang, krill, trout, salmon, kutu air, jentik, cacing dan caing darah.
Ikan Koi pada dasarnya memiliki banyak warna tergantung cara penyilangannya. Dibawah ini jenis ikan koi yang sudah standar dijual di internasional
 
A. Jenis Ikan Hias KOI Standar Internasional Populer

1. Silver koi
Nama Latin Cyprinus carpio
2. Dutch Silver koi
Nama Latin Cyprinus carpio
3. Diamond Koi
Nama Latin Cyprinus carpio 
1. Silver koi  Nama Latin Cyprinus carpio  2. Dutch Silver koi  Nama Latin Cyprinus carpio  3. Diamond Koi  Nama Latin Cyprinus carpio
4. Tiger Koi
Nama Latin Cyprinus carpio
5.   Golden koi
Nama Latin Cyprinus carpio
6. Black Koi
Nama Latin Cyprinus carpio 
4. Tiger Koi Nama Latin Cyprinus carpio  5.   Golden koi Nama Latin Cyprinus carpio  6. Black Koi  Nama Latin Cyprinus carpio
7. Red & White Koi
Nama Latin Cyprinus carpio
8. Tri Colour Koi
Nama Latin Cyprinus carpio
9. Long Fin Koi
Nama Latin Cyprinus carpio  
7. Red & White Koi Nama Latin Cyprinus carpio  8. Tri Colour Koi  Nama Latin Cyprinus carpio  9. Long Fin Koi  Nama Latin Cyprinus carpio      Hikari berarti mengkilap.     Nezu Ogon, Koi dengan warna abu-abu kemilau     Orenji Ogon, Koi dengan warna orange kemilau     Platinum Ogon, Koi putih kemilau/silver      Yamabuki Ogon, Koi Berwarna Kuning kemilau   7. Goromo       Ai goromo      Budo Goromo      Sumi Goromo   8. Hikarimoyo       Kin Showa      Kujaku      Yamato Nishiki      Doitsu Hariwake      Kikusui   9. Matsuba        Shiro Matsuba      Aka Matsuba   10. Kawarimono       Ochiba Shigure      Kumonryu      Beni Kumonryu      Benigoi      Karasugoi   11. Haijiro       Aka Haijiro      Chagoi      Kigoi      Midorigoi      Soragoi


B. Jenis Ikan koi yang terkenal di indonesia
Dibawah jenis ikan koi yang terkenal di indonesia
Klasifikasi Ikan Koi yang umum terdiri atas tipe Koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono. Berikut ini adalah pembahasan mengenai masing-masing jenis pada klasifikasi koi:
1. Gosanke
Klasifikasi Koi Gosanke merupakan Koi yang paling populer dan banyak ditemukan di kalangan para penggemar Koi. Yang termasuk dalam kategori ini adalah Kohaku, Sanke, dan Showa. Keluarga Gosanke merupakan kombinasi Koi dengan warna Hitam, Merah dan putih. Kecuali Kohaku yang tidak memiliki unsur warna hitam.
Kohaku

Kohaku merupakan Koi dengan warna Merah dan Putih. Pola merah disebut Hi. Hi harus tebal dengan tepi yang baik. Ada berbagai macam perbedaan pola warna Kohaku . Ada yang putus, ada yang besar dan menyapu.Kohaku yang baik memilikii pola yang tidak turun melewati mata dan seimbang.
Sanke

Sanke merupakan koi seperti pola Kohaku (hitam putih) , tetapi mereka memiliki pola hitam di sepanjang punggung mereka. Pola hitam disebut Sumi. Mencari Sanke yang baik adalah seperti memiliki pola Hi Kohaku . Pola hitam tidak boleh muncul di kepala . Sanke merupakan persilangangan Kohaku dengan Shiro Bekko.
Showa

Showa merupakan Koi dengan warna Putih, Hitam dan Merah. Showa biasanya merupakan hasil persilangan antara Kohaku dan Shiro Utsuri.
2. Bekko
Shiro Bekko

Shiro Bekko adalah jenis Koi berkulit putih dengan pola hitam kecil-kecil. Pola (hitam) sumi pada Shiro Bekko harus seimbang dan memiliki tepi tajam (Kiwa). Shiro Utsuri dan Shiro Bekko memiliki kemiripan, karena pola warnanya sama. Perbedaan antara Shiro Bekko Dan Shiro Utsuri adalah pada Shiro Utsuri memiliki pola warna hitam yang lebih besar hitam sedangkan Shiro Bekko memiliki sedikit warna hitam.
Ki Bekko

Ki Bekko merupakan Koi berwarna kuning dengan pola hitam di atasnya. Seperti halnya Shiro Bekko, tapi warna dasarnya kuning cerah. Pola (hitam) sumi pada Ki Bekko harus seimbang dan memiliki tepi (kiwa) tajam. Ki Bekko agak jarang daripada sepupu nya, Shiro Bekko.
Aka Bekko

Aka Bekko merupakan koi merah dengan pola hitam di atasnya. Warna hitam membentuk spot yang menarik dan indah.
3. UTSURIMONO
Shiro Utsuri

Ki Utsuri

4. Asagi
Asagi

Asagi merupakan jenis koi yang sudah cukup lama keberadaannya. Asagi merupakan Koi Biru dengan perut berwarna merah, keindahan asagi ada pada pola yang utama adalah sisik yang nampak seperti pola berupa jaring tipis diatas warna dasar indigo. Idealnya Asagi memiliki kepala yang putih bersih.

Shusui

Shusui merupakan jenis koi dari keluarga asagi namun tidak memiliki sisik. Sisik pada shusui hanya ada pada bagian punggung saja. Warna sisik idealnya berwarna gelap dan ada sepanjang punggung secara lengkap dan rapi.

5. Tancho
Tancho goromo



Tancho Goromo merupakan koi yang memiliki pola bulat pada bagian kepala, yang berupa pola Goromo/anggur.


Tancho Kuhaku

 Tancho Kohaku merukana koi putih dengan bulatan merah di kepala. Semakin bulat dan tajam semakin menambah keindahan koi jenis ini.

 Tancho goshiki

Tancho Goshiki memiliki pola tancho di kepala dengan warna dan sisik badan adalah koi jenis goshiki.
Tancho Kujaku

Tancho sanke

Hikarimono

  • Hikarimono adalah metallic Koi atau koi dengan warna keemasan yang kemilau. Warna Hikarimono adalah warna tunggal misalnya kuning kemilau, orange dan lain-lain. Disebut juga dengan Hikarimuji . 
  • Hikari berarti mengkilap.
  • Nezu Ogon, Koi dengan warna abu-abu kemilau
  • Orenji Ogon, Koi dengan warna orange kemilau
  • Platinum Ogon, Koi putih kemilau/silver
  •  Yamabuki Ogon, Koi Berwarna Kuning kemilau

7. Goromo

    Ai goromo
    Budo Goromo
    Sumi Goromo

8. Hikarimoyo

    Kin Showa
    Kujaku
    Yamato Nishiki
    Doitsu Hariwake
    Kikusui

9. Matsuba

     Shiro Matsuba
    Aka Matsuba

10. Kawarimono

    Ochiba Shigure
    Kumonryu
    Beni Kumonryu
    Benigoi
    Karasugoi

11. Haijiro

    Aka Haijiro
    Chagoi
    Kigoi
    Midorigoi
    Soragoi

C. Jenis Ikan Koi Persilangan yang Terkenal
bisa liat di google


Jenis Ikan Hias KOI Populer
Sumber Gambar Qian Hu Corporation

Bagus kan jenis ikan KOI, yang punya jenis diatas yuk komentar, 
Kalau Punya bagi link gambar sama nama ikannya. 
Dilarang Menulis domain awal "www", "http://", "https://"

Sebagai pecinta ikan (hobiis) sebaiknya anda tau nama ikan tersebut, apalagi anda sebagai penjual yang akan memperkenalkan ikan hias anda

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply