sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » 6 Manfaat Makan Ikan Nila

Ikan Nila memiliki nama lain (Oreochromis niloticus) ikan ini biasanya berwarna hitam, dan hidup diar tawar termasuk ikan yang biasa dikonsumsi. Jenis ikan dasar seperti ikan nila biasanya ada rasa yang aneh pada dagingnya saya sebut berbau tanah. Jujur saja saya gak suka ikan yang berbau tanah. Ikan nila memiliki banyak variasi menu ikan ini dapat digoreng, di pepes, dibakar, atau pun direbus, dan masih banyak resep lainnya.

Ikan nila memiliki banyak manfaat dimana kandungan protein yang tinggi. Ikan nila juga memiliki kandungan vitamin, miineral, omega 3, fosfor, selenium, kaliun dan aktioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.


Kandungan KimiaPersentase (%)
Protein kasar17,8
Lemak kasar2,7
Air77,8
Abu1,2

Nila hanya dapat mencapai berat antara 80 gram sampai 140 gram per ekor. Jika dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya, seperti ikan mas, ikan mujair dan tawes,

Ikan nila memiliki ciri khusus yang dapat dibedakan dengan ikan tawes dan ikan mas, yaitu ada garis-garis vertikal pada bagian sirip punggung (dorsal) dan sirip ekor (caudal). Komposisi kimia ikan nila per 100 gram daging dapat dilihat pada Tabel 1 menunjukan bahwa ikan nila memiliki kandungan lemak yang cukup rendah (2,7%) dan kandungan protein yang cukup tinggi (17,8%) sehingga cocok sebagai bahan dasar dalam pembuatan tepung ikan untuk pangan

ikan baik dikonsumsi oleh semua golongan usia mulai dari bayi hingga lansia. Sistem pencernaan pada usia balita belum sesempurna orang dewasa sehingga pola makan harus dijaga. Sedangkan untuk lansia telah mengalami penurunan sistem pencernaan mengakibatkan tidak semua makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diolah dengan baik.

Ikan ini masuk dalam kategori yang mudah didapat dan harganya cukup murah dan terjangkau. dan bisa dijadikan peluang bisnis yang bagus terutama budidaya pembesaran ikan nila.

Manfaat ikan nila
Kandungan gizi ikan nila banyak, manfaat yang terkandung baik untuk kesehatan tubuh, berikut manfaat makan ikan nila :
1. Kandungan Protein ikan nila

Kandungan protein ikan nila sangat tinggi dapat memenuhi kebutuhan tubuh sampai 17% per 100 gram. Dimana protein baik untuk tubuh untuk meningkatkan masa otot, ketahanan tubuh, meningkatkan stamina dan masih banyak lagi

2. Memiliki kandungan antioksidan

Ikan nila memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh, untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh.
Kandungan antioksidan seperti selenium dapat bermanfaat meremajakan kulit dan merangsang vitamin E dan C dalam tubuh. Kandungan selenium dapat memenuhi 20% kebutuhan tubuh yang dapat membantu pencegahan penuaan dini

3. Lemak rendah

Kandungan lemak 2,7 per 100 gram masih tergolong sangat rendah. Kandungan rendah lemak ikan nila menjadi keuntungan untuk diet. dimana dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Kesehatan tulang,

Kandungan fosfor pada ikan nila menjadi mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi. yang akan mencegah terjadinya tulang keropos dan osteoporosis.

5. Kandungan omega 3 dan kalium

Ikan nila memiliki kandungan omega 3 yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif, perkembangan otak, menurunkan kadar kolesterik dan perkembangan janin. Kalium dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kemampuan kognitif individu

6. Mengandung vitamin B3 dan B5

Vitamin pada ikan nila cukup banyak, vitamin b12 dan vitamin b3 dan b5. Vitamin b3 bermanfaat untuk pengurai energi, mencegah terjadinya kram dan kejang otot, gangguan pencernaan dan ketahanan tubuh.

Vitamin b5 bermanfaat untuk memperlancar proses metabolisme, mencegah isomnia, mencegah gangguan emosi, mencegah kejang otot dan kejang otot.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply