Ikan Oscar ~ Adalah ikan hias yang merupakan keluarga dari cichlid yang nama latin ikan oscar adalah ( Astronotus ocellatus ). Ikan air tawar yang mempunyai sifat agresif ini berasal dari sungai Amazon. Ikan oscar bisa tumbuh hingga ukuran tubuhnya 40 cm, makanya untuk akuarium haruslah yang lumayan besar karena pastinya dengan ukuran demikian ikan oscar membutuhkan banyak ruang.

Umur ikan oscar lumayan panjang, pada umumnya ikan oscar dapat hidup hingga umur 10 sampai 12 tahun. Ikan oskar mendominasi akuarium, bahkan sering ikan oscar menakut - nakuti ikan hias lain. Tidak jarang juga ikan oscar memakan ikan hias yang berukuran kecil. Walaupun ikan oscar sering mengganggu ikan lain, akan tetapi oscar sangatlah pandai memikat hati sang empunya.

Jenis ikan hias oscar : Ikan Oscar Tiger, Ikan Oscar Red, Ikan Oscar Albino. Harga ikan oscar sangat bervariasi, tergantung jenis dan ukuranya. Akan tetapi secara umum harga ikan oscar dipasaran yang dewasa dengan ukuran 15-20 cm berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.


Ikan hias Oscar adalah ikan air tawar yang berasal dari sungai-sungai di Amerika Selatan. Jenis ikan ini beragam dengan segala kelebihannya. Bentuknya menyerupai ikan gurame dengan warna-warni sisik yang cantik. Menurut para ahli, ikan ini memiliki intelegensi yang super yang membuatnya pantas membuat anda kesengsem untuk membawanya dan memeliharanya di rumah.

ikan hias oscar membutuhkan kualitas air yang baik seperti halnya kebanyakan spesies ikan akuarium lainnya. Kualitas air yang buruk akan memicu perubahan mood, perubahan warna dan kurangnya nafsu makan. Sehingga sangat penting untuk melihat kondisi air, menguji air dan meminimalisir perubahan air.

Ikan Oscar bisa menjadi sangat agresif ketika ditempatkan dengan ikan lain dalam satu akuarium. Sangat dianjurkan untuk memelihara ikan hias Oscar saja dalam satu akuarium. Bisa memelihara secara berpasangan atau kelompok 4-5 Ikan Oscar tanpa terlalu banyak kesulitan memeliharanya.

Jenis Ikan Hias Oscar Populer
1. Common Oscar
Nama Latin Astronotus Ocellatus


2. Red Oscar
Nama Latin Astronotus Ocellatus


3. Tiger Oscarr
Nama Latin Astronotus Ocellatus


4. Albino Red Oscar
Nama Latin Astronotus Ocellatus



Jenis Ikan Hias Oscar Populer
Sumber Gambar Qian Hu Corporation

Bagus kan jenis ikan Oscar , yang punya jenis diatas yuk komentar, 
Kalau Punya bagi link gambar sama nama ikannya. 
Dilarang Menulis domain awal "www", "http://", "https://"

Sebagai pecinta ikan (hobiis) sebaiknya anda tau nama ikan tersebut, apalagi anda sebagai penjual yang akan memperkenalkan ikan hias anda