Penjualan ikan sering anda lihat baik di pasar, penjual keliling ataupun di supermarket-supermarket besar. Walaupun barang ini cepat rusak tetapi penjualan ikan laut dapat menjangkau masyarakat. Apalagi di era modern seperti sekarang kendaraan supercepat dapat membawa ikan dari laut sampai ke pegunungan.

Pada dasarnya ikan itu mudah busuk walupun itu jenis yang mahal seperti ikan tuna. Sumber pangan ikan mudah rusak karena bakteri patogen maupun non patogen dapat mudah tumbuh. Setelah pengangkatan ikan dari air, ikan dipastikan akan segera rusak jika tidak ditangani dengan baik.

Penanganan ikan di kapal, di tempat pedaratan atau ditempat pengolahan menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan ikan busuk. Kerusakan dapat ditandai dengan adanya lendir di permukaan ikan, insang memudar (tidak merah, mata tidak bening, Berbau busuk, dan sisik mudah terkelupas), Segera setelah ikan mati pembusukan pasti akan terjadi karena aktivitas bakteri, perubahan kimiawi yang ditimbulkan enzim-enzim serta proses oksidasi lemak ikan yang di olah. Anda sebagai konsumen harus tau cara menilai ikan segar dan ikan busuk. Perbedaan kesegaran ikan yang akan anda makan, dapat merubah rasa dari ikan tuna.

Pembeli dituntut ahli dalam memilih jenis ikan, semakin segar ikan yang didapat tentunya rasanya makin mantap dan lezat. Kata orang memang benar kalau mau beli ikan yang bagus ya langsung ke TPI (tempat pelelangan ikan), atau pasar yang dekat laut. Tapi jangan salah ikan yang gak laku kemarin terkadang masih dijual, jika anda tidak mempunyai pengetahuan mutu ikan dan perbedaan kesegaran ikan busuk anda akan salah dalam membeli.

Maka berikut perbedaan ikan Segar dan Ikan Busuk

Mutu Ikan Busuk
1. Daging Keras
2. Empuk, lunak saat ditekan tidak kembali seperti semula
3. Badan tidak kaku
4. Sisik mudah lepas
5. Bau : busuk atau asam terutama pada bagian insang
6. Kulit berlendir
7. Insang tidak lagi berwarna merah biasanya cokelat dan tanpak mengering
8. Ikan terapung jika sudah sangat busuk
9. Mata buram dan berwarna keputih-putihan

Mutu Ikan Segar
1. Daging Kenyal dan padat
2. Tidak empuk,
3. Badan Kaku
4. Sisik rapi dan rapat
5. Bau : segar pada bagian luar insang
6. Sedikit lendir pada kulit
7. Insang berwarna merah
8. Ikan tenggelam bila dimasukkan dalam air
9. Mata ikan jernih, bersih, mengkilap dan kemerah-merahan