Manfaat Budidaya Jenis Ikan Hias, Perawatan dan Tanaman Aquascape

10 Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh

Ikan gabus memiliki banyak cara untuk di olah menjadi makanan yang enak dan nikmat,  berbagai resep banyak digunakan untuk membuat ikan gabus. Ikan gabus memiliki nama lain seperti ikan kutuk, ikan aruan, ikan bogo, ikan haruan, ikan haruan, ikan bayong, ikan snake head, ikan lincingan. Ikan gabus memiliki bentuk seperti ikan naga hanya perbedaan yang paling tinggi adalah pada sisiknya yang berbeda dengan ikan naga.

Khasiat dan manfaat pada daging ikan gabus sangat banyak. Kandungan daging ikan gabus dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Ikan gabus disamping memiliki cita rasa yang khas, ikan ini dapat menyembuhkan hebatitis, infeksi, stroke dan masih banyak lagi.

Disamping memiliki banyak manfaat dan dapat menjadi berbagai macam olahan makanan, ikan ini dapat dibudidayakan. Trik pembenihan ikan gabus menjadi suatu pekerjaan yang dapat menjadi alternatif dalam mencari mata uang. Saat menjual ikan ini kita pun perlu tau manfaat kandungan dari ikan gabus. Sehingga bisa menjelaskan kehebatan ikan ini. Berikut manfaat ikan gabus.

Manfaat kandungan daging Ikan Gabus untuk Tubuh :
1. Khasiat Sumber protein albumin
Ikan gabus memiliki nilai protein albumin tertinggi menurut Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno. Ikan gabus protein albuminnya lebih tinggi dari ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila. Dalam 100 gram daging ikan gabus mengandung 25,2 gram. Sedangkan telur hanya 12,8 gram, ayam 18,2 gram sapi 18,8 gram.

Albumin memiliki manfaat penting bagi tubuh. Kadar albumin yang tinggi pada ikan gabus dibanding telur, 62,24 g/kg : telur 9,34 g/kg. Hampir 7 x lipat nya. Albumin penyumbang jenis protein sampai 60% dari total plasma protein dalam darah manusia. sehingga memiliki fungsi membantu pembentukan dan perbaikan jaringan sel dalam tubuh.

2. Mendukung pertumbuhan Balita

Usisa balita merupakan usia yang perlu diperhatikan, dalam semua study penelitian konsumsi daging ikan gabus dapat meningkatkan berat badan dan kadar hemoglobin darah secara nyata, ini disebabkan kadar albumin yang tinggi

3. Baik untuk ibu hamil

Kekurangan kadar albumin dapat menyebabkan penundaan proses operasi caesar . Nutrisi albumin menjadi tambahan untuk memperbaiiki kadar gizi bagi janin, dan mencegah bayi terkena sakit kuning.

4. Membantu Mempercepat Penyembuhan penyakit

Kadar albumin dapat membantu kesembuhan luka apalagi jika terkena luka bakar, ginjal dan pasca operasi. Luka yang diderita setelah operasi dapat segera sembuh. Dalam sebuah penelitian pemberian 2kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi miningkatkan albumin dalam darah hingga 0.6-0.8 g/dl . Hal ini dapat memberikan manfaat mempercepat kesembuhan akibat sel rusak luka yang diderita saat operasi.

5. Menjadi sumber vitamin

Sumber vitamin dalam daging ikan gabung cukup banyak sampai 150mg/100gram ikan gabus. Konsumsi ikan gabus dapat menjadi alternatif makanan selain wortel

6. Membantu Proses penyembuhan berbagai penyakit

Kadar gizi ikan gabus juga mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Neprhrotic syndrome, Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV, Sepsis, Stroke, Thelasemia Minor.

Kadar gizi ikan gabus juga dapat menghilangkan Oedem, dan membantu penyembuhan Autis.

7. Kadar Protein Sangat tinggi

Kadar protein ikan gabus lebih tinggi dari kandungan beberapa ikan lain. Seperti Gabus 25,5 gram lebih tinggi dari bandeng 20 gram, Ikan Mas 16 gram, Ikan Kakap 20 gram, Ikan Sarden 21 gram.

8. Menjaga kesehatan ginjal dan stroke

Sumber albumin pada ikan gabus memiliki manfaat untuk memelihara tekanan onkotik sehingga dapat memelihara fungsi ginjal.  Tekanan onkotik yang dihasilkan albumin menjadi metode hemodilusi yang dapat membantu menangani penderita penyakit stroke

9. Membantu pembentukan dan pertumbuhan otot

Kadar protein yang tinggi merupakan zat pembangun sehingga membantu otot dan pembentukkan massa otot

10. Meningkatkan berat badan

Kadar kalori yang terkandung dalam ikan gabus 69 kalori/100gram ikan gabus dapat meningkatkan berat badan. Jika anda memiliki gelaja kekurangan berat badan ikan gabus dapat mengatasi dan meningkatkan berat badan.

Ikan Gabus merupakan ikan yang hidup di air tawar, mereka biasanya hidup di sungai, rawa, parit dan danau. Hewan ini termasuk kelas predator memakan ikan kecil, serangga, kata, keong, cacing dan sebagainya. Ada berbagai cara menangkan ikan gabus dengan trik tertentu. Ikan gabus dewasa dapat tumbuh sangat besar sampai 1 meter. Ikan ini memiliki organ labirin, jadi sangat kuat dan mudah beradaptasi di berbagai lingkungan.

Nilai kandungan Ikan Gabus

Menurut Suprayitno 2003, Kandungan Albumin tiap 100 gram ikan gabus.
1. Kadar Asam amino fenialanin dalam albumin 7,5%
2. Kadar Asam amino Isoleusin dalam albumin 8,34%
3. Kadar Asam amino  Leusin dalam albumin14,98%
4. Kadar Asam amino  Metionin dalam albumin0,81 %
5. Kadar Asam amino  Valin dalam albumin 8,66%
6. Kadar Asam amino treonin dalam albumin 8,34%
7. Kadar Asam amino Lisin dalam albumin 17,02 %
8. Kadar Asam amino  Histidin dalam albumin 4,16 %
9. Kadar Asam amino  Asam Aspartat dalam albumin 17,02 %
10.Kadar Asam amino  Asam Glutamate dalam albumin 30,93 %
11.Kadar Asam amino  Alanin dalam albumin 10,07 %
12.Kadar Asam amino  Prolin dalam albumin 5,19 %
13. Kadar Asam amino  Serin dalam albumin 11,02 %
14.Kadar Asam amino Glisin dalam albumin 6,99 %
15.Kadar Asam amino  Sistein dalam albumin 0,16 %
16. Kadar Asam amino Tirosin dalam albumin 7,49%

Lisin  merupakan  1  dari  10  asam  amino  ssensial  yang  tidak  dapat  disentesis dalam  jumlah  cukup  dalam  tubuh  sehingga  harus  diperoleh  dalam asupan  makanan sedangkan  asam  glutamate,  asam aspartat  dan  sistein  merupakan  asam  amino  non essensial (Guyton, 2008).


Menurut Fadli (2010) Ikan gabus juga memiliki keunggulan, yaitu 70 % protein, 21% albumin, asam amino yang lengkap, mikronutrien zink, selenium dan iron. Protein memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh manusia (Sediaoetama,2004), yaitu :
1. Protein sebagai zat pembangun
2. Untuk fungsi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan
3. Menggantikan sel-sel yang mati dan aus terpakai.
4. Mekanisme  pertahanan  tubuh  melawan  berbagai  mikroba  dan  zat  toksik  yang
datang dari luar yang masuk ke tubuh.
5. Mengatur proses-proses metabolisme tubuh dalam bentuk enzim dan hormone.
6. Sebagai salah satu sumber energy bersama-sama dengan karbohidrat dan lemak.
7. Dalam bentuk  kromosom, protein berperan dalam menyimpan dan meneruskan
sifat-sifat keturunan dalam bentuk gen.

Kandungan Protein Ikan Gabus setiap 100 gram : Ikan Gabus Segar 25,5 gram, sedangkan Ikan Gabus kering 58 Gram. Sedangkan untuk Anak balita umur 0-3 tahun membutuhkan protein 10-25 gram per hari ini berarti seorang balita membutuhkan, asupan gizi ikan gabus setiap hari sebesar 100 gram. sedangkan kebutuhan protein untuk orang dewasa berkisar adalah 48-62 gr/hari untuk perempuan dan pada laki-laki 55-66 gr/hari.

Dalam  100  gram  ikan  gabus juga terkandung energi 74 kkal, lemak 1,7 gr, kalsium 62 mg, phosphor 176 mg, besi 0,9 mg. Jumlah kandungan energi pada ikan gabus cukup tinggi sebagai sumber energi dalam tubuh manusia.

Banyak sekali khasiat dan manfaat albumin, termasuk makanan olahan ikan gabus dan kapsul albumin yg terbuat dari ekstrak sari ikan gabus. Jika bahan penambah albumin dalam tubuh menggunakan bahan alami maka anda tidak perlu khawatir kelebihan albumin. Apabila terjadi kelebihan albumin dalam tubuh, akan dieksekresi dengan sendirinya oleh tubuh tanpa efek samping.
0 Komentar untuk "10 Manfaat Ikan Gabus untuk Tubuh"

Back To Top