sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » » Analisa Tebar benih lele 10.000 ekor, Keunggulan Panen 45 hari


Analisa Tebar benih lele 10.000 ekor, Panen Kurang lebih 45 hari
Alam Ikan akan menjelaskan tentang pembesaran ikan lele ukuran 9-12 ekor, dimana ukuran ini sudah sangat aman, dengan tingkat kematian yang sangat sedikit.

Keunggulan dan Kualitas lele ukuran 9-12 yaitu, tidak mudah terkena penyakit, tidak mudah mati, pertumbuhan seimbang ukuran seragam dan pastinya panen lebih cepat. Dengan ukuran lele 9-12, panen menjadi lebih cepat kurang lebih 45 hari. Anda sudah balik modal.

Contoh dengan analisa dibawah ini, menggunakan terpal dan kayu
Dengan pengunaan kolam sirkulasi dan kedalaman kolam sekitar 1,25 meter. Dapat dilakukan tebar benih sekitar 300 ekor/m2

Data Nya :
Tinggi Kolam = 1,25 meter
Peralatan tambahan = Sirkulasi air Tiap malam
Tebar 10.000 ekor = sekitar 36 m2
Ukuran kolam = 2 x 3 meter jumlah 6 buah (36 m2)
Lele dengan jenis sangkuriang


Kolam 6 Buah tebar kurang lebih 300
45 hari panen
Biaya Tetap :
Kolam 2x3 meter 6 buah36 m2600,000
kayu500,000
lain-lain500,000
Total Terpal1,600,000
Biaya Variabel :
Tenaga kerja 900,000
Jumlah Pakan lele250
Harga Pakan Lele7,500eceran
Total Pakan Lele1,875,000
Biaya Lain-Lain100,000
Biaya Panen100,000
Total biaya Pakan2,975,000
Biaya Pendederan Bibit
Ukuran 9-1210,000
Harga420
Total Biaya pendederan4,200,000
Total Biaya Variabel 8,775,000
PENDAPATAN
1 kg isi 10 ekor10
Harga (Rp)20,000
Mati 20% 2,000
Jumlah Hidup 8,000
Jumlah dalam Kilogram800
Harga jual ikan20,000
Total Pendapatan16,000,000
Keuntungan
Total Pendapatan16,000,000
Total Biaya variabel8,775,000
Total keuntungan bersih7,225,000

Keterangan :
Warna Merah Silakan diganti dengan harga anda sendiri,
Perhitungan dapat berubah tergantung harga pakan, harga jual ikan, dan biaya-biaya pembuatan kolam, serta perlengkapan pendukung lainnya.

Ada berbagai komentar baik dibawah ini,  berikut adalah tips dalam menghitung :
1. Tips jumlah pakan dan harga pakan akan mempengaruhi jumlah keuntungan yang anda dapatkan, semakin banyak biaya yang dikeluarkan akan menyebabkan semakin sedikit keuntungan. Gunakan pakan alternatif selain pelet atau pakan gratisan. (semakin anda menghemat pakan semakin besar keuntungannya)
2. Tips ikan dalam pendederan merupakan jenis ikan lele berukuran besar 9-12 cm. bukan ukuran kecil jadi panen lebih cepat
3. Tips silakan hitung menggunakan excel agar lebih jelas
4. Bagaimana cara menghitung pakan 5 % x berat tubuh ikan lele.
Misal
(10.000 ekor x 50 gram berat lele = 500.000 gram )
maka 5% pakan dalam sehari adalah (500.000 x 0,05 = 25000 gram)  25 kg sehari
5. Tips harga ikan juga mempengaruhi keuntungan.
6. Jumlah pakan lele.

  • Misal padat tebar 10.000 diberi pakan 10kg selama 2 minggu, dan dua minggu berikutnya pakan dinaikkan secara teratur 5kg. 
  • Dengan asumsi jumlah lele beratnya adalah 100gram maka pakannya adalah 5gram. maka diminggu terakhir berkisar 20-25kg sehari. 
  • Maka jumlah pakan pelet sebesar 250kg tadi akan diganti berkisar 720kg pelet. (kurangi jumlah pakan dengan pakan alternatif. Jadi berapa jumlah total biaya variabelnya? 
  • Pakan 720kg = 5400.000 + 900.000 pekerja + 4.200.000 benih +200.000 dll = 10.900.000 



Penulis dapat kritik dan saran dari bapak iskandar. Menurutnya penjelasan diatas dapat membingungkan. Analisis diatas "harganya dapat anda ganti sendiri" harga diatas adalah harga eceran. Sebenarnya anda dapat menjualnya dengan harga segitu. Cobalah cari kerja sama dengan restoran pasti dapat. 

Terima kasih kritik dan sarannya bapak iskandar. Dibawah ini analisis tambahan menggunakan harga menurut bapak iskandar. 


Total Biaya Variabel8,775,000
PENDAPATAN
1 kg isi 10 ekor10
Harga (Rp)14,000
Mati 20%2,000
Jumlah Hidup8,000
Jumlah dalam Kilogram800
Harga jual ikan14,000
Total Pendapatan11,200,000
Keuntungan
Total Pendapatan11,200,000
Total Biaya variabel8,775,000
Total keuntungan bersih2,425,000



6 Keunggulan Lele Sangkuriang
1. Masa Panen Lele Lebih Cepat
Di tingkat pembenihan maupun di tingkat pembesaran masa panen lele sangkuriang sangat baik, terbukti lebih cepat dibandingkan dengan lele dumbo.

Tingkat pembenihan: Pertumbuhan lele sangkuriang dari ukuran 2-3 cm untuk mencapai ukuran 5-6 cm hanya memerlukan waktu 20-25 hari. Sedangkan pada lele dumbo membutuhkan waktu sekitar 30-40 hari.

Tingkat pembesaran: Dari benih lele ukuran 5-6 cm, untuk mencapai ukuran lele konsumsi siap panen lele sangkuriang hanya membutuhkan waktu 50-60 hari dengan asumsi suhu udara rata-rata 25-28 derajat celcius. Masa panen lele sangkuriang akan lebih cepat lagi jika dibesarkan di daerah yang memiliki suhu yang tinggi, misal di suatu daerah yang suhunya 35-38 derajat celcius hanya memerlukan waktu 45 hari saja. Sementara pada lele dumbo memerlukan waktu 3-4 bulan.

2. Kemampuan Bertelur dan Daya Tetas Telur Lebih Tinggi
Angka produksi lele sangkuriang lebih tinggi dibanding lele dumbo, ini dibuktikan dengan kemampuan bertelur dan daya tetasnya.
Kemampuan bertelur induk lele sangkuriang dua kali lipatnya dibandingkan dengan lele dumbo. Satu ekor induk lele dumbo dalam sekali bertelur biasanya menghasilkan 20.000–30.000 butir, sedangkan lele sangkuriang mampu bertelur 40.000-60.000 butir.
Untuk daya tetasnya, lele dumbo terbilang cukup tinggi yaitu 80%, tetapi lele sangkuriang lebih tinggi lagi, yaitu 90%.


3. Daya Tahan Terhadap Penyakit Lebih Bagus
Lendir di kulit lele adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh, dan semua jenis lele memilikinya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, jenis bakteri yang sering menyerang ikan air tawar jarang ditemukan di kolam atau wadah budi daya lele sangkuriang, terutama Trichoda sp. Dan Ichthiophthirius sp. Walaupun daya tahannya lebih bagus, tapi kita tetap harus memberi pencegahan terhadap penyakit-penyakit lele.

4. Produksi Lebih Tinggi
Pertumbuhan lebih cepat bobot lebih berat dari jenis lele lainnya

5. Teknik Pemeliharaan Lebih Mudah
Lele sangkuriang bisa dibudidayakan di lahan yang sempit.

6. Kualitas Daging Lebih Unggul
Lele sangkuriang memiliki tekstur daging yang lebih padat dan minim kandungan lemak dibanding dengan lele dumbo. Dari segi rasa lebih renyah, lebih gurih, dan tidak bau lumpur. 

Keterangan :
Alam Ikan November 2015

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 

Semoga Bermanfaat

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

14 komentar:

  1. mas kolam terpal gak boleh bau, kalau bau ika stress menyebabkan ikan tidak besar, floknya 1 liter 1 ml, tidak boleh terlalu tebal menggau pertumbuhan jadi harus sering gnti air 20- 30% tambahkan air baru, dan tambahkan probiotik 10 cc meter, kuras seminggu sekali, 20- 30% aja, dan usahakan kotoran bawah dibunang dua hari sekali 2 c aja,

    ReplyDelete
  2. Walaupun Angka bisa ganti sendiri mbok ya yang rasional, masa pelet 250 kg menghasilkan daging 800 kg - (berat bibit ketika trbar) . Taro lah berst bibit 100 kg, jadi menghasilkan 700 kg daging... Wah... Anda hanya teori saja gak pernah praktek. Pengalaman saya tiap 1000 ekor bibit memerlukan 3 sak pelet @30 kg. Jadi kalao 10rb memerlukan 3x30x10 kg = 900 kg. Bro...

    ReplyDelete
  3. Bro, mau nanya ukuran kolam tanah 4 x 10 meter dgn ketinggian 150 cm, berapakah benih lele yg baik sesuai dgn ukuran kolam tersebut.. tq

    ReplyDelete
  4. Teorinya ngaco..itu mimpi yang ga bakal terwujud..bisa sih pelet cuma 250kg tapi dari lele 10.000 nanti panen paling jadi 1000 itu blm tentu ukuranya sama..Yang masuk akal aja lah kalo share.

    ReplyDelete
  5. Untuk 10 ribu ekor pa benar hnya perlu pakan 250 kg?

    ReplyDelete
  6. Pakanya.. dikit bener... apa lele campur puasa...?

    ReplyDelete
  7. Yang membingungkan sy itu Jumlah Akan 250 kg kok bisa panen menjadi 800 kg , trus campuran/ tambahan yang 550 kg itu apa dan biayanya berapa

    ReplyDelete
  8. Ralat tertulis jumlah Akan , maksud sy jumlah Pakan

    ReplyDelete
  9. Yang bikin artikel bukan petani lele.
    Makanya ngawur aja klo nulis.
    Teorinya semua salah.
    Goblok

    ReplyDelete
  10. Petani gadungan 😅😅
    Menghayal ini

    ReplyDelete
  11. Ngarang pakan ghoib...
    Minimal pakan 750 Kg 10 ribu ekor... Hasil 750-850 Kg

    ReplyDelete