Berikut ikan-ikan yang tahan dengan kadar oksigen terlarut cukup rendah, tahan lama walaupun tidak menggunakan Pompa Oksigen, ikan hias yang termasuk dalam kategori ini adalah sebagai berikut:
  • Ikan Guppy
Ikan Guppy (Poecilia reticulata) Ikan ini tumbuh dan berkembang di perairan air tawar dan beberapa di antaranya juga ada yang hidup di perairan air payau.Guppy selain dikenal sebagai ikan yang gampang berkembang biak juga memiliki julukan ikan ‘pelangi’ karena pola warna yang beragam dan banyak corak baru yang muncul saat dikawinsilangkan.



  • Ikan Platy
Ikan Platy (Xiphophorus maculatus) Ikan platy yang banyak dikenal dikalangan penghobi ikan hias antara lain : platy koral, sunset, mickey mouse, pedang, cendrawasih, variatus, dan hawaii. Meskipun mempunyai varian yang banyak namun pada dasarnya mempunyai ciri yang sama. Ikan ini dapat mencapai ukuran tubuh sebesar 12 cm, atau bahkan lebih pada beberapa jenis tertentu. Ikan platy bersifat pendamai sehingga cocok jika dicampur dengan ikan hias lain.

  • Ikan Molly
Molly (Poecilia sphenops) Ikan ini bersifat omnivore. Ukuran tubuhnya relatif cukup besar, maksimal sekitar 12 cm. Hingga kini sudah banyak varietas yang beredar di pasaran dengan warna dan bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Molly balon, misalnya, yang bertubuh seperti bola akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini bila ukurannya sudah besar.Hanya saja jenis ikan ini kurang toleransinya terhadap perubahan atau goncangan suhu yang tinggi.


  • Ikan Cupang
Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang mempunyai alat pernapasan tambahan berupa labirin. Ikan ini berkembang dengan cara bertelur dan telurnya menempel pada substrat seperti akar tanaman, daun-daun atau serabut rapia.Ikan cupang termasuk salah satu ikan yang paling mudah dipelihara. Tanpa lampu dan tanpa pompa oksigen, ikan ini mampu bertahan hidup di dalam aquarium. Ikan ini mudah stress jika dipasang lampu. Ikan cupang lebih suka yang remang-remang dan gelap. Jenis ikan cupang juga bermacam-macam, ada ikan culang hias dan cupang aduan. Ikan cupang hias memiliki warna dan ekor lebar yang cantik.


Semoga Bermanfaat