sponsor

sponsor

Slider

Recent Tube

Aquascape

Produk

Pakan Ikan

Analisis

Budidaya

Ikan Hias

» » » » Cara Kotoran Sapi menjadi Pakan Budidaya Lele

Alternatif pakan buatan dari kotoran sapi untuk budidaya ikan lele. Dengan banyaknya jenis pakan alternatif untuk lele, karena lele merupakan ikan yang cukup rakus. Untuk pembesaran ikan lele perlu diperhatikan biaya yang akan dikeluarkan terutama dalam hal pakan. Untuk mengurangi biaya pakan antara lain adalah dengan mengolah limbah atau kotoran sapi menjadi pakan alternatif untuk lele. Seperti cara Cara Ampas Tahu menjadi Pakan Alternatif Lele, dan Cara Limbah Pasar menjadi Pakan Lele.

Alasan mengapa yang digunakan adalah kotoran sapi? Hal ini karena kotoran sapi lebih cepat diuraikan dan menghasilkan organisme dengan bantuan probiotik sehingga bisa digunakan sebagai pakan utama lele.



Waktu panen penggunaan pakan buatan kotoran sapi. Memerlukan waktu yang lebih lama dari pakan yang lain. Cara budidaya biasa dengan menggunakan pellet dengan pakan alternatif kotoran sapi memiliki perbandingan biaya pakan akan sangat jauh berbeda. Bahkan menggunakan pakan organik dari fermentasi kotoran sapi ini dapat menghemat pakan 30-60%. Budidaya lele

Dengan pakan organik dari kotoran sapi banyak sekali manfaatnya, diantaranya adalah

  • tidak perlu sering mengganti air kolam, lele organik mempunyai rasa daging yang lebih gurih, 
  • air bekas budidaya lele organik sangat baik untuk memupuk tanaman baik untuk pembibitan tanaman hortikultura (cabe, tomat dan lain-lain) 
  • ataupun untuk pembibitan tanaman keras seperti bibit jabon, sonokeling dan lain-lain serta masih banyak lagi manfaat lele dengan pakan organik ini.



Cara pembuatannya Pakan alternatif lele adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan kotoran sapi yang telah dikeringkan
  2. Dalam keadaan kering kotoran sapi tersebut di masukkan ke dalam kolam
  3. Campurkan larutan probiotik dan tetes tebu/gula dengan perbandingan 1 liter probiotik Biocatfish 2 liter tetes tebu/gula dan 10 liter air sampai merata.
  4. Dalam waktu 7-10 hari akan tumbuh plankton-plakton yang akan menjadi pakan utama lele.
  5. Cara pemberian pakan untuk lele cukup diambil beberapa ember dari kolam yang berisi plankton tadi kemudian dimasukkan kedalam kolam lele dan dalam waktu kurang lebih 3- 4 bulan lele bisa di panen.
Explanation :
Alam Ikan 1 :  deptan.go.id

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 komentar:

  1. Lebih baik mana sih gan? pakan buatan alias pelet atau pakan alami seperti kangkung, bekocot dan cacing?
    Adhi Maspamuji

    ReplyDelete